Rekomendasi Restoran Halal di Korea Selatan

Bagi masyarakat Indonesia yang memiliki Agama Islam yang sedang menghabiskan liburannya di negeri gingseng awalnya akan merasa sulit untuk menemukan makanan yang halal untuk dimakan. Awalnya pasti akan merasa khawatir  dengan penyajian kuliner yang ada di sana karena di Korea Selatan pun hanya minoritas beragama Muslim seperti negara Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Korea Selatan sudah menyesuaikan diri untuk hal yang menyangkut masalah kuliner tersebut. Mengingat banyak sekali wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke negara ini membuat Korea Selatan saat ini sudah menyediakan makanan yang tidak hanya halal melainkan juga enak rasanya ditambah dengan situs tangkasnet kualitasnya yang selalu terjaga dengan baik.

Berikut dibawah ini rekomendasi restoran halal yang ada di Korea Selatan yang terjamin mutunya, yang enak, yang wajib didatangi, yang bisa dijadikan referensi oleh siapa saja yang akan dan tengah berkunjung ke negara ginseng ini :

EID

EID adalah sebuah restoran yang berlokasi di Korea Selatan yang dimiliki oleh warga Korea Selatan yang memeluk agama Islam. Karena pemiliknya merupakan seorang muslim sudah pasti makanan yang disajikannya halal. Restoran ini menyajikan makanan asli Korea namun bahannya halal, demikian pula dengan proses pengolahannya. 

Letak EID sangatlah strategis, di jantung kota, di Itaewon sehingga tidaklah mengherankan jika menjadi restoran halal yang paling dikenal oleh banyak orang dan juga paling banyak dikunjungi. Korean Muslim Foundation sudah memberikan sertifikat halal kepada restoran ini. Makanan halal asli Korea yang menjadi andalan di sini antara lain Jja Jang Bap atau nasi kacang hitam, Tteokbokki (kalau di Indonesia menyerupai lontong), Jjimdak atau ayam bumbu pedas manis dan Bulgogi Sapi. Yang paling disukai oleh para pengunjung dari restoran ini adalah menu sup, kimchi dan minumannya yang boleh dinikmati sepuasnya, tanpa harus membayar.

MHKR

MHKR adalah kepanjangan dari Makan Halal Korean Restaurant, salah satu restoran di Korea Selatan yang menyajikan makanan halal. Sama seperti EID, restoran ini lokasinya juga berada di Itaewon. Mulai beroperasi baru empat tahun yang lalu, tepatnya di bulan Februari. Makanan andalannya di antaranya Bulgogi dan Mull Naengmyeon atau mie dingin. Cara penyajiannya lain daripada yang lain, dikemas dalam “Dosirak”, yakni . kotak makan siang.

Mr. Kebab

Masih di kawasan Itaewon, terdapat sebuah outlet makanan halal yang berasal dari Turki, kebab. Varian kebab yang paling sering dipesan adalah kebab domba dan kebab ayam. Selain kebab, Mr. Kebab juga menyediakan menu Turki lainnya seperti makanan penutup ala Turki yang diberi nama Falafel. Pengunjung juga bisa menikmati lezatnya es krim ala Turki. Semua menu disajikan dalam porsi yang besar.

Kervan 

Satu lagi restoran Turki yang buka di Korea Selatan yang sarat akan pengunjung di setiap harinya, yaitu Kervan. Letaknya masih di kawasan kuliner, Itaewon. Korean Tourism Organization atau Organisasi Pariwisata Korea merekomendasikan restoran ini. Chef-chef Turki yang handal, berpengalaman dan profesional di bidangnya menyajikan makanan yang disajikan dengan cantik dan dengan porsi melebihi ukuran rata-rata. Yang merupakan makanan andalan restoran Kervan ini antara lain Baklava atau kue pastry Mediteranian, Pide atau roti tipis ala Turki dan sudah pasti Kebab. 

Restaurant Makanan Muslim Murree

Lokasinya dekat dengan Masjid Sentral Seoul, masih berada di kawasan yang padat akan makanan halal Korea, Itaewon, Restoran Makanan Muslim Murree memberikan sajian makan malam khas Korea di mana makanannya disajikan dalam mangkok yang berlusin-lusin dengan menu yang tidak sama. Para pengunjung bisa menikmati menu-menu andalan disini berupa Kimchi Jeon atau kue dadar kimchi. Samgyetang atau sup ayam ginseng dan Kimchi Bokkeumbap atau nasi goreng kimchi. Ayam Biryani, menu masakan India juga ikut disajikan di sini. 

Persian Palace

Di Korea Selatan tepatnya di kawasan Sungkyunkwan dijual makanan halal berupa masakan Iran. Dibuka dari mulai tahun 2002 oleh seorang pendatang dari Iran yang awalnya berada di Korea Selatan tahun 1990 an untuk kuliah di Universitas Hanyang. Pada akhirnya yang bersangkutan memutuskan untuk menetap dan membuka restoran Iran. Menu utama di sini adalah daging domba, yang sudah diberi bumbu kari dan didiamkan selama tiga hari. Menu andalan lainnya lagi ialah Kari Ayam, Roti Ala Iran, Yogurt dan Kue Beras Ala Iran. 

Barbeku Korea Yang Good

Restoran yang berlokasinya di dekat Stasiun Yeoksam ini menyajikan barbeku khas Korea namun halal karena yang disajikan adalah daging domba. Daging dombanya merupakan daging dengan kualitas nomor satu, didatangkan langsung dari negara Australia. Tekstur dagingnya tidak kering dan yang sudah pasti sangatlah empuk. 

Pengunjung bisa memilih beberapa jenis daging domba. Bisa memesan sate daging domba, iga domba dan daging bumbu domba. Daging domba berbumbu inilah menu yang paling difavoritkan oleh pengunjung restoran. Menu daging domba tersebut bisa dinikmati dengan kimchi.

Salam Turkish Restaurant

Dilihat dari namanya, restoran yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Itaewon ini menyajikan makanan dari Turki dan makanan dari negara-negara Timur Tengah lainnya. Karena berada di kawasan kuliner halal tidaklah mengherankan jika restoran ini sering sekali dikunjungi oleh wisatawan muslim asing maupun penduduk muslim Korea. Dolma Biber merupakan menu andalan yang paling banyak dipesan oleh pengunjung restoran. Menunya berupa paprika yang di dalamnya berisi nasi, daging domba dan sayuran yang rasanya manis.

Siti Sarah

Dilihat dari nama restorannya yang memakai nama melayu asli bisa ditebak jika restoran ini menyajikan masakan melayu yang sudah pasti halal seratus persen. Menu masakannya diambil dari negara Indonesia dan negara Malaysia.  Pengunjung tinggal memilih ingin memesan yang mana, tergantung selera. Restoran Siti Sarah belum begitu lama beroperasi, baru tujuh tahun. Yang meresmikannya adalah Kedutaan Republik Indonesia yang berada di Korea Selatan. Restoran ini lokasinya berada di kawasan kuliner makanan halal Itaewon, di Yongsan-gu.

Dong Mun

Lokasinya ada di Pulau Nami, tepatnya di Gangwon-do, di Chuncheon-so,di Namsan-myeon, di 1 Namisum-gil. Menu yang disajikan oleh restoran Dong Mun yang merupakan restoran nomor empat di Korea Selatan yang diberi label restoran halal ini adalah makanan halal yang berasal dari negara-negara Asia dan tidak ketinggalan menu asli Korea yang halal. Jika suatu saat kalian berkesempatan berkunjung ke Nami Island untuk menikmati pemandangan alamnya yang indah, kalau lapar mampirlah ke restoran Dong Mun, untuk menikmati kelezatan berbagai menu makanan dan minumannya sekaligus bisa digunakan untuk beristirahat setelah lelah mengelilingi pulau.

Makan Restaurant

Restoran ini buka sejak tahun 2015 dan terletak di Yongsan, Seoul. Dari namanya saja kita sudah bisa tebak kalau restoran ini hanya menyajikan menu halal. Lokasi restoran ini juga berada tidak jauh dari EID Halal Korean Food, Toppers. kalian bisa menikmati makanan khas Korea seperti bulgogi, dakdoritang, hingga mul naengmyeon di sini. Selain enak untuk makan di tempat, kalian juga bisa membeli menu bekal di sini. Enak, kan, buat disantap di perjalanan atau makan di penginapan!